Monday 28 September 2015

World Rabies Day (WRD) 2015


Rabies? Apa sih itu? Cadokhe sudah pada tau semua kan?
Yups. Rabies merupakan salah satu penyakit zoonosis,yaitu penyakit yang
dapat menular dari manusia ke hewan dan sebaliknya, salah satu hewannya adalah anjing. Rabies dapat disebabkan oleh salah satu virus yang menyerang sistem saraf pusat. Biasanya anjing yang terkena virus ini menjadi sangat agresif dan dapat menyerang/mengigit siapa saja. Virus dapat menginfeksi masuk melalui bekas gigitan, Jangan salah, penyakit  ini dapat menyebabkan kematian..Wah Serem banget penyakit ini.

Eits, tenang. Penyakit ini dapat dicegah kok, Salah satunya dengan pemberian vaksin rabies, jadi jangan lupa vaksin bagi pemilik anjing.
Selain itu, apabila terkena gigitan anjing maka yang harus dilakukan adalah mencuci bersih daerah bekas luka dengan air mengalir dan mengunakan sabun yang terdapat antiseptik, kemudian segera pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan vaksin/serum antirabies dan konsultasi dengan dokter setempat.
Hei, anjing jangan ditinggal begitu saja setelah mengigit orang, segera bawa ke dokter hewan setempat untuk mendapatkan penanganan terhadap anjing tersebut.






Lets end Rabies Together

World Rabies Day (WRD) 2015


No comments:

Post a Comment