Monday 10 October 2016

[ VISI 2016 HARI KE-2 ]



Minggu, 09 Oktober 2016, PC IMAKAHI IPB telah melaksanakan rangkaian acara kedua Program VISI 2016 yaitu seminar kesehatan masyarakat veteriner yang mengusung tema “Dokter Hewan Sebagai Garda Terdepan Keamanan Pangan Asal Hewan”. Pengambilan tema ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pentingnya peran dokter hewan dalam hal pengawasan pangan asal hewan baik itu lokal maupun impor.
Kegiatan ini dilaksanakan di ruang kuliah A Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor. Seminar ini dimoderatori oleh Kadek Meidyani Dwiantari yang saat ini menjabat sebagai kepala divisi Zoolipmask PC IMAKAHI IPB dengan pembiacara yang luar biasa yaitu Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM., Ph.D, Direktur Jenderal Peternakann dan Kesehatan Hewan (2010 – 2011).
“Diperlukan sebuah lembaga atau institusi di pemerintahan yang secara khusus menangani permasalahan hewan secara keseluruhan, baik hewan ternak maupun hewan liar, sebagai sesuatu yang sangat penting dalam menjaga ketentraman dan kesehatan masyarakat” papar Drh. Prabowo Respatiyo Caturroso, MM., Ph.D dalam seminarnya. Beliau juga berpesan kepada mahasiswa FKH IPB untuk menuliskan sebanyak apapun mimpi-mimpinya hingga mimpi tersebut tercapai dan selalu menambah wawasan mengenai peran dan kewenangan dokter hewan sehingga mampu menjadi dokter hewan yang hebat ketika lulus nantinya.

Seusai seminar, peserta VISI 2016 diberikan waktu istirahat yang kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dalam bentuk Forum Group Discussion (FGD) dengan lima topik bahasan yaitu polisi veteriner, kerugian ekonomi akibat penyakit hewan, kegagalan inseminasi buatan karena gangguan reproduksi, lembaga otoritas veteriner dan peran dokter hewan dalam lembaga otoritas veteriner. 

No comments:

Post a Comment